Mengapa libur ngaji di hari jumat?


 

Mengapa libur ngaji di hari jumat?

 

Mungkin ada yang bertanya mengapa hari libur sekolah dan madrasah/ tpa tidak sama. Mengapa Ketika mengaji malah libur di hari jumat. Padahal wajibnya mengaji tanpa ada hari libur mulai lahir sampai meninggal, dari buaian hingga liang lahat. 

أُطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْدِ

Menanggapi pertanyaan tersebut dapat diperoleh jawabannya di dalam kitab bughyatul mustarsyidiin yang mengjelaskan manfaat/ faedah bahwa mengambil libur pada hari jumat hukumnya diperbolehkan dengan alasan karena hari Jumat adalah hari raya. Umat Islam diperintahkan untuk berangkat ke masjid sejak pagi hari, dan setelah salat Jumat mereka dianjurkan memperbanyak berdoa sampai terbenamnya matahari mengharapkan waktu istijâbah.

 

(فَائِدَةٌ) الْمُتَّجِهُ جَوَازُ تَرْكِ التَّعْلِيْمِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، لأَنَّهُ يَوْمُ عِيْدٍ مَأْمورٌ بِالتَّبْكِيْرِ وَالتَّنْظِيْفِ وَقَطْعِ اْلأَوْسَاخِ وَالرَّوَائِحِ الكَرِيْهَةِ وَالدُّعَاءِ إِلىَ 

غُرُوْبِ الشَّمْسِ رَجَاءَ سَاعَةِ اْلإِجَابَةِ اهـ (بغية المسترشدين٨٣)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).