Hacker - Hac King


 

bahrululumsragen.com

Bila kamu sering dapet pesan mencurigakan / link URL aneh, berarti datamu sedang dilakukan percobaan peretasan.

Hacker / peretas tentu familiar di telinga orang Indonesia. Kata Hacker juga lebih memiliki konotasi negatif dibandingkan dengan positif.

Namun, siapa tahu kalau ternyata hacker lebih membantu untuk meningkatkan keamanan jaringan ( cyber cecurity ) dan sistem dari pemerintah / perusahaan besar .  Saat ini, Indonesia masih darurat tenaga ahli cyber-security. jadi, peluang karir ini masih menjanjikan

Banyak jalan  dan Teknik untuk para hacker agar bisa masuk ke akses pribadi kita mulai dari malware, phising, DDoS, ClickJacking dan sebagainya.

Dengan mengetahui tentang teknik peretasan umum seperti phishing, DDoS, clickjacking, dll., dapat berguna untuk keselamatan pribadi Anda.

Berikut ini adalah teknik peretasan umum yang sering digunakan oleh peretas. 

1. Phishing

Phishing merupakan akronim dari bahasa inggris fishing atau memancing, secara umum phising adalah teknik peretasan bagi hacker untuk mereplikasi/menduplikasi situs yang sering diakses kebanyakan orang.

Cara kerja phising dengan membuat sebuah site palsu yang sama baiknya dalam segi tampilan ataupun fiturnya dengan website tujuan atau website populer seperti instagram, facebook, maupun game online, lalu menyebarkan tautan site palsunya, merayu orang untuk login / memasukan datanya ke site palsu tersebut. (biasanya menggunakan iming iming hadiah atau kupon).

Saat kobran berhasil memasukan data pribadinya ke site palsu tersebut, secara otomatis data yang dimasukan korban akan terkirim ke hacker

 

2.DoS/DDoS (Denial Of Service)

Cara Denial of Service (DDoS) untuk menjatuhkan situs/ server dengan  membanjiri sumber daya situs/ server itu dengan lalu lintas data yang sangat besar dengan bot/botnet dan mengirim banyak permintaan secara bersamaan untuk membatasi pemenuhan jumlah permintaan yang sebenarnya sehingga server tidak dapat memproses semua permintaan tersebut secara real-time dan dampaknya tentu saja server menjadi down atau tidak dapat diakses.

3. Keylonger

Keylogger merupakan perangkat lunak sederhana untuk merekam urutan tombol dan guratan keyboard ke dalam file log di perangkat anda. File log ini bisa berisi ID email, password atau data pribadi lainnya.

Karena itulah mengapa situs perbankan mewajibkan penggunaan keyboard virtual mereka secara otomatis, untuk perlindungan dari Keylonger.

4. Malware

Malware memiliki banyak jenis. Karena targetnya biasanya adalah perusahaan besar

Wannacry adalah jenis ransomware dari malware yang paling handal karena memiliki kemampuan untuk mengunci serta meng-enkripsi file / program yang ada dikomputer target agar user / pengguna tidak dapat menggunakan komputernya.

5.Carding

Sasarannnya adalah kartu kredit yang dicuri dari situs yang tidak aman atau dengan membelinya dipasar gelap. Maka alangkah baiknya untuk berhati hati dengan data sensitive kartu kredit Satat mengunjungi sebuah situs

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).