AL KAHFI




 



Asbabun Nuzul

ayat 23-25

Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa ayat, 
"..dan mereka tinggal di dalam gua..". turun, lalu seseorang bertanya,
"Ya Rasulullah, tahun atau bulan?".
 Maka Allah menurunkan ayat, 
"tiga ratus tahun dan ditambah Sembilan tahun".
 Ibnu Jarir meriwayatkannya juga dari ad-Dhahhak. Ibnu Mardawaih juga meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Nabi saw mengeluarkan sebuah sumpah, kemudian setelah berlalu empat puluh hari, maka Allah menurunkan ayat ini.



Asbabun Nuzul


Ayat 28

Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Juwaibir dari ad-Dhahhak dari Ibnu Abbas tentang firman-Nya,"....dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat kami.." ayat ini turun tentang Umayyah bin khalaf al-Jamhi, yaitu ketika dia menyuruh Nabi saw melakukan suatu hal yang tidak disukai Allah, yakni mengusir orang-orang miskin dan mendekatkan par pemimpin mekah.

Ibnu abi Hatim meriwayatkan dari ar-Rabi' mereka diberitahu bahwa Nabi saw berjumpa dengan Umayyah bin Khalaf yang lalai dan lengah dari apa yang dikatakan kepadanya. Maka turunlah ayat ini. Ia meriwayatkan dari abu hurairah. Uyainah bin Hishn menemui Nabi saw yang sedang bersama salman. Maka Uyainah berkata, 'kalau kami datang, suruh orang ini keluar dan undang kami masuk". Maka turunlah ayat ini.


<Prev.  Next>




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).