SURAT YASIN




SURAH YASIN







Asbabun Nuzul

Ayat 1-7

Diriwayatakn oleh Abu Nua'im di dalam kitab Ad-Dalail yang bersumber dari Ibnu Abbas, bahwa ketika Rasulullah Saw. Membaca surat As-Sajdah dengan nyaring, orang-orang Quraisy merasa terganggu merasa terganggu dan mereka bersiap-siap untuk menyiksa Rasulullah Saw. Tapi tiba-tiba tangan mereka terbelenggu di pundak-pundaknya dan mereka menjadi buta sama sekali. Mereka mengharapkan pertolongan Nabi Saw. Dan berkata: "Kami sangat mengaharapkan bantuanmu atas nama Allah dan atas nama keluarga". Kemudia Rasulullah Saw. Berdo'a dan mereka pun sembuh, akan tetapi tak seorang pun dari mereka yang beriman. Berkenaan dengan peristiwa itu turunlah ayat ini (Surat Yasin: 1-10)

Asbabun Nuzul

Ayat 8-9

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dar 'Ikrimah, bahwa Abu Jahl berkata: "Sekiranya aku bertemu dengan Muhammad, pasti aku akan menghasutnya". Ketika Nabi Muhammad berada di sekitarnya, orang-orang menunjukkan bahwa Muhammad berada disisinya. Akan tetapi Abu Jahl tetap bertanya-tanya: "Mana dia", karena dia tidak melihatnya. Ayat ini (Surat Yasin: 8-9) turun sebagai penjelasan bahwa pandangan Abu Jahl disaat itu ditutup oleh Allah untuk melihat Muhammad.

Asbabun Nuzul


Ayat 12

Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dengan sanad hasan dan Al-Hakim dengan sanad shahih yang bersumber dari Sa'id Al-Khudri. Diriwayatkan pula oleh Ath-Thabrani yang bersumber dari Ibnu Abbas, bahwa Banu Salamah bertempat tinggal dipinggir kota Madinah dan ingin pindah ke dekat masjid. Maka turunlah ayat ini yang menegaskan bahwa setiap ucap langkah seseorang dicatat Allah swt. Setalh turunnya ayat ini, Nabi Saw. Menasehati Banu Salamah pindah dari tempat tinggalnya dengan sabdanya: "Sesungguhnya bekas telapak kaki kalian menuju masjid dicatat oleh Allah swt. Sebaiknya kalian pindah dari tempat itu".


Asbabun Nuzul


Ayat 77-83

Diriwayatkan oleh Al-Hakim dengan sanad yang bersumber dari Ibnu 'Abbas, bahwa Al-'Ash bin Wail menghadap kepada Rasulullah Saw. Dengan membawa tulang yang sudah rusak sambil mematah-matahkannya ia berkata: "Hai Muhammad, apakah Allah akan membangkitkan tulang yang sudah lapuk ini? Nabi Saw. Menjawab "Benar, Allah akan membangkitkan ini dan mematikan kamu dan menghidupkan kamu kembali serta memasukkan kamu ke neraka jahannam". Ayat ini (Surat Yasin, 77-83) turun berkenaan dengan peristiwa diatas yang menegaskan kekuasaan Allah untuk membangkitkan manusia di hari kiamat. Diriwayatkan juga oleh Ibnu Abi hatim yang bersumber dari Mujahid, 'Ikrimah, 'Urwah bin Zubair dan As-Suddi dengan tambahan bahwa orang tersebut bernama Ubay bin Khalaf.


<Prev.                Next>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).